Selasa, 15 Maret 2011

Refleksi

HASRATKU MENGUBAH DUNIA


"Saat aku masih muda, dengan kobaran semangat dan kebebasanku berpikir, aku bermimpi untuk mengubah dunia. Namun, seiring dengan bertambahnya usia dan kearifanku berpikir, aku mendapati bahwa dunia ternyata tak kunjung berubah...Maka, aku turunkan tensi mimpiku itu, dan aku putuskan hanya untuk mengubah negeriku. Namun tampaknya mimpi itu pun tak juga membuahkan hasil...

Lalu, ketika usia senja mulai kujelang, dengan upaya terakhirku yang penuh keputusasaan, aku putuskan hanya untuk mengubah keluargaku dan orang-orang terdekat. Namun, alangkah terkejutnya aku, mereka pun ternyata tak juga berubah...

Dan kini, sementara aku terbaring lemah di tempat tidur menjelang kematianku, baru aku sadari, nuraniku mengatakan, "andai saja yang pertama-tama ku ubah adalah diriku sendiri, maka keluarga dan orang-orang terdekatku pun akan bisa ku ubah.. dan dengan inspirasi serta motivasi dari mereka, aku pun akan mampu memperbaiki negeriku, dan bahkan pada akhirnya aku juga akan bisa mengubah dunia!!."
[Mc. Khalil]

1 komentar:

  1. mengubah..... cuma tuhan yang bisa melakukannya....... kalo kita ingat tugas utama rasulullah saw (menyempurnakan akhlak yang mulia), berarti beliau bukanlah mengubah tapi mengarahkan, bukan memaksa tapi dengan kesediaan (ketulusan hati(Ikhlas(dengan hikmah/bijak)))berusaha dengan hati akan mendapatkan hati, berusaha dengan emosi akan mendapat emosi pula..... begitu pula dengan perkara yang lainnya (O.R. ANDRI FRIYATNO) Note: O.R. (Omongan Riwayat) :-D

    BalasHapus